Senin, 13 Juni 2022

Media Pembelajaran

                                                                             Media Pembelajaran

Kata media berasal dari bahasa latin medius yang secara harfiah berarti “tengah”, “perantara”, atau “pengantar” (Arsyad, 2017). Dalam kegiatan proses belajar mengajar media pembelajaran sangatlah dibutuhkan, hal ini agar peserta didik dapat menyerap materi dengan baik. Kadangkala kita sebagai guru merasa kesulitan apabila harus memberikan pemahaman kepada peserta didik tanpa menggunakan media.

Menurut Pusdiklat (2016), media pembelajaran adalah semua alat (bantu) atau benda yang digunakan dalam kegiatan belajar mengajar, dengan maksud untuk menyampaikan pesan (informasi) pembelajaran dari sumber (guru maupun sumber lain) kepada penerima (dalam hal ini anak didik).

Media pembelajaran merupakan keterampilan yang diperoleh lewat pengalaman, studi dan observasi (Arsyad, 2017). Media pembelajaran digunakan untuk mempermudah peserta didik dalam melakukan proses pembelajaran di kelas, serta meningkatkan kreatifitas peserta didik. Dengan demikian memilih media pembelajaran tidak bisa asal-asalan, karena media pembelajaran harus dapat dimengerti oleh peserta didik dan dapat memberikan rangsangan untuk meningkatkan pengetahuan peserta didik. Rivana (2018) dalam jurnalnya mengatakan salah satu faktor untuk menunjang tercapainya tujuan pelaksanaan kurikulum 2013 maka pembelajaran diarahkan lebih berpusat pada siswa, bersifat interaktif ditekankan pada kegiatan aktif-menyelidiki dengan stimulasi ke segala penjuru (semua pancaindera) dan menggunakan konteks dunia nyata serta penggunaan alat multimedia.

Adapun menurut Sudarman (2013) media pembelajaran merupakan seperangkat alat bantu yang dapat digunakan oleh guru atau pendidik dalam rangka berkomunikasi dengan peserta didik untuk meningkatkan efektifitas pemahaman konsep siswa.

a.       Jenis-jenis Media

Media pembelajaran memiliki jenis yang berbeda-beda mulai yang paling sederhana dengan harga yang murah sampai dengan media pembelajaran yang camggih dan harganya yang mahal, ada media pembelajaran yang dibuat sendiri dari bahan yang mudah didapat dan ada pula media pembelajaran yang diperbanyak oleh industri.  

Menurut Arsyad (2017) media dibagi dalam empat kelompok yaitu :

1). Media hasil teknologi cetak;

Teknologi cetak adalah cara untuk menghasilkan atau menyampaikan materi, seperti buku dan materi visual statis terutama melalui proses pencetakan mekanis atau fotografis. Kelompok media hasil teknologi cetak meliputi teks, grafik, foto atau refresentasi fotografik dan reproduksi. Teknologi cetak memiliki ciri-ciri sebagai berikut :

a.         Teks dibaca secara linear, sedangkan visual diamati berdasarkan ruang;

b.        Baik teks maupun visual menampilkan komunikasi satu arah dan reseptif;

c.         Teks dan visual ditampilkan secara statis;

d.        Baik teks maupun visual berorientasi pada siswa;

e.         Informasi dapat diatur kembali atau ditata ulang oleh pemakai

2) Media hasil teknologi audio – visual

Cara menghasilkan atau menyampaikan materi dengan menggunakan mesin-mesin mekanis dan elektronik untuk menyajikan pesan-pesan audio dan visual. Ciri-ciri utama teknologi media audio-visual adalah sebagai berikut :

a.       mereka biasanya bersifat linear;

b.      mereka biasanya menyajikan visual yang dinamis;

c.  mereka digunakan dengan cara yang telah ditetapkan sebelumnya oleh  perancang/pembuatnya;

d.      mereka merupakan refresentasi fisik dari gagasan real atau gagasan abstrak;

e.       mereka dikembangkan menurut prinsip psikologis behaviorisme dan kognitif;

f.    umumnya mereka berorientasi kepada guru dengan tingkat perlibatan interaktif murid yang rendah;

3) Media hasil teknologi berbasis komputer

Media ini merupakan cara menghasilkan atau menyampaikan materi dengan menggunakan sumber-sumber yang berbasis mikroprosesor. Pada dasarnya teknologi berbasis komputer menggunakan layar kaca untuk menyajikan informasi kepada siswa. Beberapa ciri media yang dihasilkan teknologi berbasis komputer adalah sebagai berikut :

a.       mereka dapat digunakan secara acak, non sekuensial atau secara linear;

b.  mereka dapat digunakan berdasarkan keinginan siswa ataua berdasarkan keinginan perancang / pengembang sebagaimana direncanakan;

c.     biasanya gagasan-gagasan disajikan dalam abstrak dengan kata, symbol dan grafik;

d.      prinsip-prinsip ilmu kognitif untuk mengembangkan media ini;

 

e.   pembelajaran dapat berorientasi siswa dan melibatkan interaktivitas siswa yang tinggi.

4) media hasil gabungan teknologi cetak dan komputer.

Media ini merupakan cara untuk menghasilkan dan menyampaikan materi yang menggabungkan pemakaian beberapa bentuk media yang dikendalikan oleh komputer. Perpaduan beberapa jenis teknologi ini dianggap teknik paling canggih apabila dikendalikan oleh komputer yang memiliki kemampuan yang hebat. Beberapa ciri utama teknologi berbasis komputer adalah sebagai berikut :

a.       ia dapat digunakan secara acak, sekuensial, secara linear;

b.      ia dapat digunakan sesuai dengan keinginan siswa, bukan saja dengan cara yang direncanakan dan diinginkan oleh perancangnya;

c.       gagasan-gagasan sering disajikan secara realistic dalam konteks pengalaman siswa, menurut apa yang relevan dengan siswa, dan di bawah pengendalian siswa;

d.      prinsip ilmu kognitif dan konstruktivisme diterapkan dalam pengembangan dan penggunaan pelajaran;

e.       pembelajaran ditata dan terpusat pada lingkup kognitif sehingga pengetahuan dikuasai jika pelajaran itu digunakan;

f.        bahan-bahan pelajaran melibatkan banyak interaktivitas siswa;

g.      bahan-bahan pelajaran memadukan kata dan visual dari berbagai sumber.

Adapun menurut Gintings (2014) Secara garis besar media belajar dan pembelajaran dapat dibedakan kedalam empat kelompok yaitu :

a.       Visual

Media ini menampilkan materi pembelajaran dalam bentuk sesuatu yang dapat dilihat oleh mata manusia. Bedasarkan teknologinya alat media visual dibedakan atas :

1. Media visual non elektrik atau non elektronik

Yaitu media visual yang bekerjanya atau penggunaannya tidak memerlukan tenaga listrik. Contoh dari media visual non elektrik yaitu : papan tulis, whiteboard, flannel board, flip chart, poster, dan model atau solid.

2. Media visual elektrik atau elektronik

Yaitu media visual yang bekerjanya atau penggunaannya memerlukan tenaga listrik. Contoh darimedia visual elektrik atau elektronik yaitu : slide projector, opaque projector, dan overhead projector.

b.      Media Audio

Media ini menampilkan materi pembelajaran dalam bentuk sesuatu yang dapat didengar oleh telinga manusia..dasarkan teknologinya alat media audio dibedakan atas :

1. Media audio non elektrik atau non elektronik

Yaitu media audio yang bekerjanya atau penggunaannya tidak memerlukan tenaga listrik. Contoh dari media audio non eletronik adalah peralatan musik akustik seperti gitar, gamelan, dan lain sebaginya yang digunakan dalam pembelajaran seni suara atau seni music.

2. Media audio elektrik atau elektronik

Yaitu media visual yang bekerjanya atau penggunaannya memerlukan tenaga listrik. Contoh dari media visual elektronik sebagai berikut : amplifier, radio, tape recorder, dan CD player.

c.       Media Audio Visual

Media ini menampilkan materi pembelajaran dalam bentuk sesuatu yang dapat didengar oleh telinga dan dapat dilihat oleh mata manusia. Contohnya : silde projector yang dipadukan dengan tape recorder, televise, film strip projector, dll.  Keunggulan dari media audio visual adalah bahwa dengan semakin banyaknya pancaindera yang dilibatkan dalam proses komunikasi pembelajaran, maka semakin banyak materi pembelajaran yang dapat diserap oleh siswa.

d.      Media Multimedia

Media ini menampilkan materi pembelajaran dengan teknik yang memadukan semua keunggulan peralatan media audio dan visual dengan berbagai teknik penyajian yang memanfaatkan teknologi komputer dan LCD Projector sebagai peralatan utamanya. Dengan menggunakan multimedia, guru dapat langsung mengetik hasil diskusi dan menampilkannya dalam waktu bersamaan di layar.

b.      Manfaat Media

Menurut Kemp dan Dayton dalam Pusdiklat (2016) manfaat media dalam pembelajaran yaitu :

1)      Penyampaian materi pembelajaran dapat diseragamkan

Setiap peserta didik yang melihatatau mendengar uraian suatu materi pelajaran melalui media yang sama, akan menerima informasi yang persis sama seperti yang diterima oleh peserta didik yang lain.

2)      Proses pembelajaran menjadi lebih jelas dan menarik.

Materi pelajaran yang dikemas melalui program media akan lebih jelas, lengkap, menarik minat peserta didik.

3)      Proses pembelajaran menjadi lebih interaktif

Jika tepat dalam memilih media dan merancang dengan baik maka media dapat membantu pendidik dan peserta didik melakukan komunikasi dua arah secara aktif selama proses pembelajaran.

4)      Efesiensi dalam waktu dan tenaga

Tanpa adanya media seorang pendidik akan menghabiskan waktu dan tenaga untuk menjelaskan suatu konsep atau materi, akan tetapi dengan adanya media maka konsep itu akan dengan cepat dan mudah dijelaskan kepada anak.

5)      Meningkatkan kualitas pemahaman konsep peserta didik.

Penerapan media pembelajaran bukan hanya membuat proses pembelajaran lebih efektif, dan efesien, akan tetapi juga dapat membantu peserta didik menyerap materi belajar lebih mendalam dan utuh.

6)      Media memungkinkan proses belajar dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja.

Media pembelajaran dapat didesain dengan baik sehingga peserta didik dapat melakukan kegiatan belajar secara lebih leluasa, kapanpun dan dimanapun.

7)      Media dapat menumbuhkan sikap positif peserta didik terhadap materi dan proses belajar.

Dengan media proses pembelajaran menjadi menarik, dengan demikian mendorong peserta didik untuk mencintai ilmu pengetahuan.

8)      Merubah peran pendidik kearah yang lebih positif dan produktif.

Dengan adanya media maka pendidik bukan satu-satunya sumber informasi atau sumber belajar bagi peserta didik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terupdate

Tes Pemahaman Sel

Kelas 8 F sd. Kelas 8 I silahkan menjawab pertanyaan kuis tentang sel : Ada 3 piliha kuis silahkan klik yang mana saja, hasilnya tolong dicr...

Populer