Kamis, 30 Juni 2022

Best Practice

Upaya Peningkatan Literasi Sains Siswa melalui KIBUU (Kertas Indikator Boraks Ubi Ungu) pada Pembelajaran PBL konsep Zat Aditif Makanan          


ABSTRAKSI

 

Wawat Septimawati, M.Pd.

Guru SMPN 1 Jalaksana

Email : wspensana1819@gmail.com

 

Abstrak. Telah dilakukan penelitin yang bertujuan untuk meningkatkan literasi sains siswa melalui KIBUU (Kertas Indikator Boraks Ubi Ungu) pada konsep zat aditif makanan, yang tediri dari lima indikator yaitu : 1) mengidentifikasi pendapat ilmiah yang valid, 2) melakukan penelusuran literatur yang efektif, 3) memahami elemen-elemen desain penelitian, 4) membuat grafik/tabel secara tepat dari data, dan 5) melakukan inferensi, prediksi dan penarikan kesimpulan. Adapun latar belakang masalah dari penelitian ini adalah rendahnya nilai literasi sains siswa negara Indonesia berdasarkan hasil PISA, kemampuan literasi sains sangat penting sebagai bekal siswa dalam kehidupannya di masa mendatang menjadi sumber daya manusia seutuhnya. Solusi yang tepat adalah menggunakan pembelajaran berbasis literasi sains dengan dukungan media, untuk konsep zat aditif makanan digunakan KIBUU (Kertas Indikator Boraks Ubi Ungu). Penggunaan KIBUU pada pembelajaran zat aditif makanan menggunakan PBL, desain penelitian yang digunakan adalah quasy eksperimen non equivalen  control group desain. Sampel yang digunakan adalah dua kelas dari populasi kelas VIII SMPN 1 Jalaksana, kelas eksperimen menggunakan KIBUU dalam pembelajaran PBL konsep zat aditif makanan, sedangkan kelas kontrol menggunakan diskusi kelompok seperti yang bisa dilakukan oleh guru. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi untuk aktivitas pembelajaran PBL dan tes tulis uraian  untuk mengukur lima indikator literasi sains  yang diadaptasi dari tiga kompetensi Gormally et all  (2012). Data literasi sains diolah dengan chi kuadrat dan uji t. Hasil uji literasi awal  kedua kelas atau pretest kedua kelas memiliki nilai yang tidak jauh berbeda pada kelima indikator, setelah diberi perlakuan kelas eksperimen mengalami peningkatan kemampuan literasi pada semua indikator rata-rata kenaikan 55, demikian pula pada ketiga kompetensinya mengalami kenaikan pula pada rata-rata 52,22. Data selanjutya diuji t pada dk = 58 dengan taraf kepercayaan 5%, t hitung sebesar 16,35 > t tabel (2,021), maka dapat dismpulkan bahwa penggunaan KIBU pada pembelajaran zat makanan dapat meningkatkan literasi sains siswa.

 

Kata kunci : KIBUU, PBL, Literasi Sains


Kerangka Berpikir :






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terupdate

Tes Pemahaman Sel

Kelas 8 F sd. Kelas 8 I silahkan menjawab pertanyaan kuis tentang sel : Ada 3 piliha kuis silahkan klik yang mana saja, hasilnya tolong dicr...

Populer