Selasa, 04 November 2014

RPP IPA KELAS 7 Kurikulum 2013 (Pertemuan ke-1)



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan                                   : Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Kuningan
Mata Pelajaran                                       : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/Semester                                     : 7 (Tujuh) / 1 (satu)
Topik                                                     : Objek IPA dan Pengamatannya
Sub Topik                                               : Objek IPA dan Pengamatannya (Pertemuan ke-1)
Alokasi Waktu                                         : 3 x 40 menit (3 Jam Pelajaran)

A.       KOMPETENSI INTI
1.         Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.        Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.        Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.        Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi,dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B.       KOMPETENSI DASAR
1.1.      Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya
2.1.     Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari
3.1.     Memahami konsep pengukuran berbagai besaran yang ada pada diri, makhluk hidup, dan lingkungan fisik sekitar sebagai bagian dari observasi, serta pentingnya perumusan satuan terstandar (baku) dalam pengukuran.
4.1.    Menyajikan hasil pengukuran terhadap besaran-besaran pada diri, makhluk hidup, dan lingkungan fisik dengan menggunakan satuan tak baku dan satuan baku.

C.       Indikator :
1.         Mengidentifikasi ciri-ciri khas objek pengamatan;
2.        Mengetahui ciri-ciri khas objek pengamatan;
3.        Membandingkan ciri-ciri khas objek pengamatan;
4.        Menjelaskan tiga komponen keterampilan proses;
5.        Menjelaskan kegunaan mempelajari IPA;
6.        Menyebutkan objek yang dipelajari dalam IPA.

D.       Tujuan :
1.         Melalui pengamatan terhadap teman sebangku siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri khas objek pengamatan;
2.        Melalui pengamatan terhadap teman sebangku siswa dapat menjelaskan ciri-ciri khas objek pengamatan;
3.        Melalui metode DTDT tamu siswa dapat membandingkan ciri-ciri khas objek pengamatan;
4.        Melalui tinjaun pustaka siswa dapat menjelaskan tiga komponen keterampilan proses;
5.        Melalui hasil pengamatan dan tinjaun pustaka siswa dapat menjelaskan kegunaan mempelajari IPA;
6.        Melalui pengamatan dan metode DTDT siswa dapat menyebutkan objek yang dipelajari dalam IPA.


E.        Materi
A. Penyelidikan IPA
Pada kegiatan yang telah kalian lakukan, hasil pengamatan terhadap temanmu berupa deskripsi yang disusun tentang temanmu. Misalnya, tinggi, rambut hitam, kulit cokelat dan agak halus, memiliki denyut, bernapas, dan lain-lain. Dengan hasil pengamatan ini, berbagai pertanyaan lanjutan akan muncul. Pertanyaan-pertanyaan tersebut, misalnya jika dia berlari-lari, apakah cara bernapasnya tetap? Apakah denyutnya juga berubah? Nah, dengan melakukan penyelidikan lanjutan, kalian akan memperoleh pemahaman yang makin lengkap tentang temanmu tersebut.Penyelidikan ilmiah IPA melibatkan sejumlah proses yang harus dikuasai, antara lain seperti berikut.
Pengamatan
Melibatkan pancaindra, termasuk melakukan pengukuran dengan alat ukur yang sesuai. Pengamatan dilakukan untuk mengumpulkan data dan informasi
Membuat Inferensi
Merumuskan penjelasan berdasarkan pengamatan. Penjelasan ini digunakan untuk menemukan pola-pola atau hubungan-hubungan antaraspek yang diamati, serta membuat prediksi.
Mengomunikasikan
Mengomunikasikan hasil penyelidikan baik lisan maupun tulisan. Hal yang dikomunikasikan termasuk data yang disajikan dalam bentuk tabel, grafik, bagan, dan gambar yang relevan. Keterampilan melakukan pengamatan dan mencoba menemukan hubungan-hubungan yang diamati secara sistematis seperti yang telah kalian lakukan sangatlah penting. Dengan keterampilan ini, kita dapat mengetahui bagaimana mengumpulkan fakta dan menghubungkan fakta-fakta untuk membuat suatu penafsiran atau kesimpulan. Keterampilan ini juga merupakan keterampilan belajar sepanjang hayat yang dapat digunakan bukan saja untuk mempelajari berbagai macam ilmu, tetapi juga dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Pada saat ini, penyelidikan tentang alam telah menghasilkan kumpulan pengetahuan yang demikian kompleks. Untuk memudahkan, pengetahuanpengetahuan tersebut digolongkan sebagai berikut. 1) Fisika, mempelajari tentang aspek mendasar alam, misalnya materi, energi, gaya, gerak, panas, cahaya, dan berbagai gejala alam fisik lainnya. 2) Kimia, meliputi penyelidikan tentang penyusun dan perubahan zat. 3) Biologi, mempelajari tentang sistem kehidupan mulai dari ukuran renik sampai dengan lingkungan yang sangat luas. 4) Ilmu Bumi dan Antariksa, mempelajari asal mula bumi, perkembangan dan keadaan saat ini, bintang-bintang, planet-planet, dan berbagai benda langit lainnya.


F.        Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama ( 3 JP )
Kegiatan
Langkah-langkah Model Discovery
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
Menciptakan Situasi (stimulasi)
Berdoa’a, mengabsen siswa.
Pemusatan Perhatian :
·         Guru menyuruh dua orang siswa kedepan, kemudian memberikan pertanyaan : “Bagaimana menurut pengamatanmu tentang ciri-ciri dari 2 teman di depan ini ?”
·          Menyampaikan tujuan dan manfaat mempelajari Objek IPA dan pengamatannya.

15  Menit
Kegiatan  Inti
Pembahasan tugas dan identifikasi masalah
Ø  Menyampaikan informasi tentang kegiatan yang akan dilakukan yaitu pengamatan objek IPA
Ø  Membagi siswa berpasangan sesuai dengan tepat duduk masing-masing;

80 menit

Observasi
Ø  Diskusi antar teman sebangku untuk mengerjakan LKS, melengkapi table yang diisi sesuai dengan hasil pengamatan; .


Kegiatan
Langkah-langkah Model Discovery
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu


Ø  Siswa melakukan pengamatan ciri-ciri teman sebangku;



Ø  Siswa membandingkan hasil pengamatannya dengan teman yang lain;



Ø  Diskusi dengan kelompok untuk mengerjakan LKS pengamatan air dengan tisu.


Pengumpulan data
Ø  Siswa mencatat hasil pengamatannya dengan teman sebangku;



Ø  Siswa mencatat hasil perbandingan pengamatan dengan teman yang lain;



Ø  Siswa menjelaskan hasil pengamatan tenang ciri-ciri teman sebangkunya dan hasil perbandingannya.
Ø  Siswa menjelaskan hasil pengamatan tentang pergerakan air pada tisu.


Pengolahan data dan analisis
Ø  Siswa mengolah data dan menganalisis hasil pengamatan.


Verifikasi
Ø  Siswa mempresentasikan hasil diskusi dan pengamatannya.


Generalisasi
Ø  Membuat kesimpulan tentang pengamatan objek IPA



Penutup
Ø  Siswa dan guru mereview hasil kegiatan pembelajaran
Ø  Guru memberikan penghargaan kepada siswa /kelompok yang melakukan pekerjaan dengan baik.
Ø  Siswa menjawab kuis/tes tentang Objek IPA dan pengamatannya
Ø  Guru memberikan tugas/PR untuk memperdalam materi tentang Objek IPA dan pengamatannya.
25 menit

G.  Penilaian
1. Metode dan bentuk penilaian
Metode
Bentuk instrument
ü  Sikap
v  Lembar pengamatan Sikap dan rubric
ü  Tes unjukkerja
v  Tes penilaian kinerja pengamatan air dan tisu
ü  Tes tertulis
v  Tes Pilihan Essay


H.      MEDIA, ALAT, DAN SUMBER PEMBELAJARAN
1.     Media
a. Laptop, LCD
b. b) LKS  pengamatan objek IPA
2.   Alat dan Bahan
a.  Keretas Tisu                        :
b.  Spidol
c.  Breaker glass
d.  Air secukupnya

         3.   Sumber Belajar
a) Buku IPA SMP kelas VII, Puskurbuk 2013


I.                     Essay
1.            Jelaskan mengapa kamu dan teman sekelas memiliki ciri yang berbeda-beda  ?
2.          Jelaskan mengapa garis spidol  pada tisu bisa  demikian membaur !
3.          Jelaskan mengapa kita harus melakukan pengataman terhadap benda  sekitar ?
Kunci Jawaban
1.         Karena  :  berasal dari ayah dan ibu yang berbeda
2.        Karena  :  Spidol dan air termasuk dalam satu zat yang sama
3.        Karena  :  Untuk dapat menjelaskan ciri-ciri benda yang ada di alam sekitar.

Rubrik Penilaian Uraian
No
Uraian
Skor
1
Jika jawaban benar
3
2
Jika jawaban benar
4
3
Jika jawaban benar
3

Total
10

                Nilai         =  x 100



a.        Lembar Pengamatan Sikap
1.         Pengamatan Perilaku ilmiah
No.
Aspek yang dinilai
3
2
1
Ket
1
Rasa ingin tahu




2
Ketelitian dan kehati-hatian dalam melakukan percobaan




3
Ketekunan dan tanggung jawab dalam belajar dan bekerja baik secara individu maupun berkelompok




4
Keterampilan berkomunikasi pada saat belajar





2.        Rubrik Penilaian Perilaku
No
Aspek yang dinilai
Rubrik
1
Menunjukkan rasa ingn tahu
3:   menunjukkan rasa ingin tahu yang besar, antusias,aktif dalamkegiatan berkelompok
2: Menunjukkan rasa ingin tahu,namun tidak terlalu antusias , dan baru terlibat aktif dalam kegiatan kelompok ketika disuruh
1: tidakmenunjukkan antusias dalam pengamatan, sulit terlibat aktif dalam kegiatan kelompok walaupun telah didorong untuk terlibat
2
Ketelitian dan hati-hati
3:  mengamati percobaan sesuai dengan prosedur,hati-hati dalammelakukan percobaan
2:  mengamati percobaan sesuai dengan prosedur, kurang hati-hati dalammelakukan percobaan
1: mengamati percobaan sesuai dengan prosedur, tidak hati-hati dalammelakukan percobaan
3
Ketekunan dan tanggung jawab dalam belajar dan bekerja baik secara individu maupun kelompok
3:  mengamati hasil percobaan sesuai prosedur, hati-hati dalam melakukan percobaan
2:  mengamati hasil percobaan sesuai prosedur, kurang hati-hati dalam melakukan percobaan
1:  mengamati hasil percobaan sesuai prosedur, kurang hati-hati dalam melakukan percobaan

4
Berkomunikasi

3.  aktif dalam tanya jawab, dapat mengemukaan gagasan atau ide, menghargai pendapat siswa lain
2. aktif dalam tanya jawab, tidak ikut mengemukaan gagasan atau ide, menghargai pendapat siswa lain
1. aktif dalam tanya jawab, tidak ikut mengemukaan gagasan atau ide, kurang menghargai pendapat siswa lain

b.        Lembar pengamatan keterampilan praktikum
No
Keterampilan yang dinilai
Skor
Rubrik
1
Cara memotong kertas tisu
3
ü  Memotong kertas tisu dengan benar sesuai ukuran
ü  Memotong dengan rapi
ü  Menggunakan gunting
2
ü  Ada dua  aspek yang benar
1
ü  Hanya satu aspek yang benar
2
Cara menggaris spidol/pensil pada kertas tisu
3
ü  Menggaris tisu dengan menggunakan spiodol/pensil
ü  Hasilnya tidak robek
ü  Garisnya jelas
2
ü  Ada dua aspek yang benar
1
ü  Hanya satu aspek yang benar
3
Cara memasukan kertas tisu ke dalam gelas
3
ü  Memasukan tisu ke dalam gelas dengan benar
ü  Kertas tidak robek
ü  Membuka kertas dengan hati-hati

ü  Dua aspek yang benar

ü  Hanya satu aspek yang benar


c.        LEMBAR KERJA SISWA
A.     Penyelidikan IPA
Pada kegiatan yang telah kalian lakukan, hasil pengamatan terhadap temanmu berupa deskripsi yang disusun tentang temanmu. Misalnya, tinggi, rambut hitam, kulit cokelat dan agak halus, memiliki denyut, bernapas, dan lain-lain. Dengan hasil pengamatan ini, berbagai pertanyaan lanjutan akan muncul. Pertanyaan-pertanyaan tersebut, misalnya jika dia berlari-lari, apakah cara bernapasnya tetap? Apakah denyutnya juga berubah? Nah, dengan melakukan penyelidikan lanjutan, kalian akan memperoleh pemahaman yang makin lengkap tentang temanmu tersebut.Penyelidikan ilmiah IPA melibatkan sejumlah proses yang harus dikuasai, antara lain seperti berikut.
Pengamatan
Melibatkan pancaindra, termasuk melakukan pengukuran dengan alat ukur yang sesuai. Pengamatan dilakukan untuk mengumpulkan data dan informasi
Membuat Inferensi
Merumuskan penjelasan berdasarkan pengamatan. Penjelasan ini digunakan untuk menemukan pola-pola atau hubungan-hubungan antaraspek yang diamati, serta membuat prediksi.
Mengomunikasikan
Mengomunikasikan hasil penyelidikan baik lisan maupun tulisan. Hal yang dikomunikasikan termasuk data yang disajikan dalam bentuk tabel, grafik, bagan, dan gambar yang relevan. Keterampilan melakukan pengamatan dan mencoba menemukan hubungan-hubungan yang diamati secara sistematis seperti yang telah kalian lakukan sangatlah penting. Dengan keterampilan ini, kita dapat mengetahui bagaimana mengumpulkan fakta dan menghubungkan fakta-fakta untuk membuat suatu penafsiran atau kesimpulan. Keterampilan ini juga merupakan keterampilan belajar sepanjang hayat yang dapat digunakan bukan saja untuk mempelajari berbagai macam ilmu, tetapi juga dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Pada saat ini, penyelidikan tentang alam telah menghasilkan kumpulan pengetahuan yang demikian kompleks. Untuk memudahkan, pengetahuanpengetahuan tersebut digolongkan sebagai berikut. 1) Fisika, mempelajari tentang aspek mendasar alam, misalnya materi, energi, gaya, gerak, panas, cahaya, dan berbagai gejala alam fisik lainnya. 2) Kimia, meliputi penyelidikan tentang penyusun dan perubahan zat. 3) Biologi, mempelajari tentang sistem kehidupan mulai dari ukuran renik sampai dengan lingkungan yang sangat luas. 4) Ilmu Bumi dan Antariksa, mempelajari asal mula bumi, perkembangan dan keadaan saat ini, bintang-bintang, planet-planet, dan berbagai benda langit lainnya.



Kegiatan 1
PENGAMATAN TEMAN SEBANGKU

1.         Tujuan
Melalui pengamatan dengan teman sebangku diharapkan siswa mengetahui ciri-ciri hasil pengamatannya.
2.        Alat dan bahan
Alat :   Mata 
               
Bahan :  teman sebangku
3.        Cara kerja
1.         Buat kesepakatan dengan teman sebangku siapa yang akan diamati;
2.        Amati temanmu yang siap untuk diamati;
3.        Tuliskan hasil dari hasil pengamatanu !
4.        Bandingkan hasil pengamatanmu dengan teman yang lain.
5.        Laporkan hasil pengamatannmu !






No
Nama Teman
Ciri-ciri
Keterangan














Kegiatan 2
PENGAMATAN KERTAS TISU

1.         Tujuan
Melalui pengamatan dengan kertas tisu diharapkan siswa dapat mengetahui perubahan-perubahan yang terjadi.
2.        Alat dan bahan
Alat :        Glass breaker
                Spidol/pensil
                Gunting

Bahan :     Tisu dan air

3.        Cara kerja
1.         Potong kertas tisu dengan ukuran 4 x 12 cm
2.        Beri garis dengan spidol atau pena hitam 2 cm dari ujung kertas tisu tsb;
3.        Ambil breaker glass atau gelas bekas air mineral, isi dengan air setinggi 1 cm;
4.        Amatilah dan prediksi apa yang akan terjadi dengan garis hitam tersebut !
5.        Celupkan kertas tisu pad air, dengan posisi garis berada sedikit di atas permukaan air !
6.        Laporkan hasil pengamatannmu !

No
Uraian
Keterangan





























Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terupdate

Tes Pemahaman Sel

Kelas 8 F sd. Kelas 8 I silahkan menjawab pertanyaan kuis tentang sel : Ada 3 piliha kuis silahkan klik yang mana saja, hasilnya tolong dicr...

Populer