RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : Sekolah
Menengah Pertama Negeri 4 Kuningan
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/Semester : 7 (Tujuh) / 1 (satu)
Topik :
Objek IPA dan Pengamatannya
Sub Topik :
Objek IPA dan Pengamatannya (Pertemuan ke-1)
Alokasi Waktu : 3 x 40 menit (3 Jam
Pelajaran)
A.
KOMPETENSI
INTI
1.
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama
yang dianutnya.
2.
Menghargai dan menghayati perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya
diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam
jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual,
dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah
konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi,dan membuat) dan ranah
abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan
yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B.
KOMPETENSI
DASAR
1.1. Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang
aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam
lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya
2.1. Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu;
objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka;
kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari
3.1. Memahami
konsep pengukuran berbagai besaran yang ada pada diri, makhluk hidup, dan
lingkungan fisik sekitar sebagai bagian dari observasi, serta pentingnya
perumusan satuan terstandar (baku) dalam pengukuran.
4.1. Menyajikan
hasil pengukuran terhadap besaran-besaran pada diri, makhluk hidup, dan lingkungan
fisik dengan menggunakan satuan tak baku dan satuan baku.
C.
Indikator :
1.
Mengidentifikasi
ciri-ciri khas objek pengamatan;
2.
Mengetahui ciri-ciri
khas objek pengamatan;
3.
Membandingkan
ciri-ciri khas objek pengamatan;
4.
Menjelaskan tiga
komponen keterampilan proses;
5.
Menjelaskan kegunaan
mempelajari IPA;
6.
Menyebutkan objek yang
dipelajari dalam IPA.
D.
Tujuan :
1.
Melalui pengamatan
terhadap teman sebangku siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri khas objek
pengamatan;
2.
Melalui pengamatan
terhadap teman sebangku siswa dapat menjelaskan ciri-ciri khas objek
pengamatan;
3.
Melalui metode DTDT
tamu siswa dapat membandingkan ciri-ciri khas objek pengamatan;
4.
Melalui tinjaun
pustaka siswa dapat menjelaskan tiga komponen keterampilan proses;
5.
Melalui hasil
pengamatan dan tinjaun pustaka siswa dapat menjelaskan kegunaan mempelajari
IPA;
6.
Melalui pengamatan dan
metode DTDT siswa dapat menyebutkan objek yang dipelajari dalam IPA.
E.
Materi
A.
Penyelidikan IPA
Pada kegiatan yang telah kalian
lakukan, hasil pengamatan terhadap temanmu berupa deskripsi yang disusun
tentang temanmu. Misalnya, tinggi, rambut hitam, kulit cokelat dan agak halus,
memiliki denyut, bernapas, dan lain-lain. Dengan hasil pengamatan ini, berbagai
pertanyaan lanjutan akan muncul. Pertanyaan-pertanyaan tersebut, misalnya jika
dia berlari-lari, apakah cara bernapasnya tetap? Apakah denyutnya juga berubah?
Nah, dengan melakukan penyelidikan lanjutan, kalian akan memperoleh pemahaman
yang makin lengkap tentang temanmu tersebut.Penyelidikan ilmiah IPA melibatkan
sejumlah proses yang harus dikuasai, antara lain seperti berikut.
Pengamatan
Melibatkan pancaindra, termasuk melakukan
pengukuran dengan alat ukur yang sesuai. Pengamatan dilakukan untuk
mengumpulkan data dan informasi
Membuat Inferensi
Merumuskan penjelasan berdasarkan pengamatan.
Penjelasan ini digunakan untuk menemukan pola-pola atau hubungan-hubungan
antaraspek yang diamati, serta membuat prediksi.
Mengomunikasikan
Mengomunikasikan hasil penyelidikan baik
lisan maupun tulisan. Hal yang dikomunikasikan termasuk data yang disajikan
dalam bentuk tabel, grafik, bagan, dan gambar yang relevan. Keterampilan
melakukan pengamatan dan mencoba menemukan hubungan-hubungan yang diamati
secara sistematis seperti yang telah kalian lakukan sangatlah penting. Dengan
keterampilan ini, kita dapat mengetahui bagaimana mengumpulkan fakta dan
menghubungkan fakta-fakta untuk membuat suatu penafsiran atau kesimpulan.
Keterampilan ini juga merupakan keterampilan belajar sepanjang hayat yang dapat
digunakan bukan saja untuk mempelajari berbagai macam ilmu, tetapi juga dapat
digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Pada saat ini, penyelidikan tentang alam
telah menghasilkan kumpulan pengetahuan yang demikian kompleks. Untuk
memudahkan, pengetahuanpengetahuan tersebut digolongkan sebagai berikut. 1)
Fisika, mempelajari tentang aspek mendasar alam, misalnya materi, energi, gaya,
gerak, panas, cahaya, dan berbagai gejala alam fisik lainnya. 2) Kimia,
meliputi penyelidikan tentang penyusun dan perubahan zat. 3) Biologi,
mempelajari tentang sistem kehidupan mulai dari ukuran renik sampai dengan
lingkungan yang sangat luas. 4) Ilmu Bumi dan Antariksa, mempelajari asal mula
bumi, perkembangan dan keadaan saat ini, bintang-bintang, planet-planet, dan
berbagai benda langit lainnya.
F.
Kegiatan
Pembelajaran
Pertemuan Pertama ( 3 JP )
Kegiatan
|
Langkah-langkah
Model Discovery
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
Menciptakan Situasi (stimulasi)
|
Berdoa’a, mengabsen siswa.
Pemusatan Perhatian :
·
Guru menyuruh dua orang siswa kedepan, kemudian
memberikan pertanyaan : “Bagaimana menurut pengamatanmu tentang ciri-ciri
dari 2 teman di depan ini ?”
·
Menyampaikan
tujuan dan manfaat mempelajari Objek IPA dan pengamatannya.
|
15 Menit
|
Kegiatan Inti
|
Pembahasan tugas dan identifikasi
masalah
|
Ø Menyampaikan
informasi tentang kegiatan yang akan dilakukan yaitu pengamatan objek IPA
Ø Membagi siswa
berpasangan sesuai dengan tepat duduk masing-masing;
|
80
menit
|
Observasi
|
Ø Diskusi antar
teman sebangku untuk mengerjakan LKS, melengkapi table yang diisi sesuai
dengan hasil pengamatan; .
|
Kegiatan
|
Langkah-langkah
Model Discovery
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Ø Siswa melakukan
pengamatan ciri-ciri teman sebangku;
|
|||
Ø Siswa
membandingkan hasil pengamatannya dengan teman yang lain;
|
|||
Ø Diskusi dengan
kelompok untuk mengerjakan LKS pengamatan air dengan tisu.
|
|||
Pengumpulan data
|
Ø Siswa mencatat
hasil pengamatannya dengan teman sebangku;
|
||
Ø Siswa mencatat
hasil perbandingan pengamatan dengan teman yang lain;
|
|||
Ø Siswa
menjelaskan hasil pengamatan tenang ciri-ciri teman sebangkunya dan hasil
perbandingannya.
Ø Siswa
menjelaskan hasil pengamatan tentang pergerakan air pada tisu.
|
|||
Pengolahan data dan analisis
|
Ø Siswa mengolah
data dan menganalisis hasil pengamatan.
|
||
Verifikasi
|
Ø Siswa
mempresentasikan hasil diskusi dan pengamatannya.
|
||
Generalisasi
|
Ø Membuat
kesimpulan tentang pengamatan objek IPA
|
||
Penutup
|
Ø Siswa dan guru
mereview hasil kegiatan pembelajaran
Ø Guru memberikan
penghargaan kepada siswa /kelompok yang melakukan pekerjaan dengan baik.
Ø Siswa menjawab
kuis/tes tentang Objek IPA dan pengamatannya
Ø Guru memberikan
tugas/PR untuk memperdalam materi tentang Objek IPA dan pengamatannya.
|
25
menit
|
G.
Penilaian
1. Metode dan bentuk penilaian
Metode
|
Bentuk
instrument
|
ü Sikap
|
v Lembar
pengamatan Sikap dan rubric
|
ü Tes unjukkerja
|
v Tes penilaian
kinerja pengamatan air dan tisu
|
ü Tes tertulis
|
v Tes Pilihan
Essay
|
H. MEDIA,
ALAT, DAN SUMBER PEMBELAJARAN
1.
Media
a. Laptop, LCD
b. b) LKS
pengamatan objek IPA
2. Alat
dan Bahan
a. Keretas Tisu :
b. Spidol
c. Breaker glass
d. Air secukupnya
3.
Sumber Belajar
a) Buku IPA SMP kelas VII, Puskurbuk 2013
I.
Essay
1.
Jelaskan
mengapa kamu dan teman sekelas memiliki ciri yang berbeda-beda ?
2.
Jelaskan
mengapa garis spidol pada tisu bisa demikian membaur !
3.
Jelaskan
mengapa kita harus melakukan pengataman terhadap benda sekitar ?
Kunci
Jawaban
1.
Karena :
berasal dari ayah dan ibu yang berbeda
2.
Karena :
Spidol dan air termasuk dalam satu zat yang sama
3.
Karena :
Untuk dapat menjelaskan ciri-ciri benda yang ada di alam sekitar.
Rubrik Penilaian Uraian
No
|
Uraian
|
Skor
|
1
|
Jika jawaban benar
|
3
|
2
|
Jika jawaban benar
|
4
|
3
|
Jika jawaban benar
|
3
|
Total
|
10
|
Nilai =
x
100

a.
Lembar Pengamatan
Sikap
1.
Pengamatan
Perilaku ilmiah
No.
|
Aspek yang
dinilai
|
3
|
2
|
1
|
Ket
|
1
|
Rasa ingin tahu
|
||||
2
|
Ketelitian dan kehati-hatian dalam
melakukan percobaan
|
||||
3
|
Ketekunan dan tanggung jawab dalam
belajar dan bekerja baik secara individu maupun berkelompok
|
||||
4
|
Keterampilan berkomunikasi pada saat
belajar
|
2.
Rubrik
Penilaian Perilaku
No
|
Aspek yang
dinilai
|
Rubrik
|
1
|
Menunjukkan rasa ingn tahu
|
3: menunjukkan rasa ingin tahu yang besar,
antusias,aktif dalamkegiatan berkelompok
2:
Menunjukkan rasa ingin tahu,namun tidak terlalu antusias , dan baru terlibat
aktif dalam kegiatan kelompok ketika disuruh
1:
tidakmenunjukkan antusias dalam pengamatan, sulit terlibat aktif dalam
kegiatan kelompok walaupun telah didorong untuk terlibat
|
2
|
Ketelitian dan hati-hati
|
3: mengamati percobaan sesuai dengan
prosedur,hati-hati dalammelakukan percobaan
2: mengamati percobaan sesuai dengan prosedur,
kurang hati-hati dalammelakukan percobaan
1:
mengamati percobaan sesuai dengan prosedur, tidak hati-hati dalammelakukan
percobaan
|
3
|
Ketekunan dan tanggung jawab dalam
belajar dan bekerja baik secara individu maupun kelompok
|
3: mengamati hasil percobaan sesuai prosedur,
hati-hati dalam melakukan percobaan
2: mengamati hasil percobaan sesuai prosedur,
kurang hati-hati dalam melakukan percobaan
1: mengamati hasil percobaan sesuai prosedur,
kurang hati-hati dalam melakukan percobaan
|
4
|
Berkomunikasi
|
3. aktif dalam tanya jawab, dapat mengemukaan
gagasan atau ide, menghargai pendapat siswa lain
2.
aktif dalam tanya jawab, tidak ikut mengemukaan gagasan atau ide, menghargai
pendapat siswa lain
1.
aktif dalam tanya jawab, tidak ikut mengemukaan gagasan atau ide, kurang
menghargai pendapat siswa lain
|
b.
Lembar pengamatan
keterampilan praktikum
No
|
Keterampilan
yang dinilai
|
Skor
|
Rubrik
|
1
|
Cara memotong kertas tisu
|
3
|
ü Memotong kertas
tisu dengan benar sesuai ukuran
ü Memotong dengan
rapi
ü Menggunakan
gunting
|
2
|
ü Ada dua aspek yang benar
|
||
1
|
ü Hanya satu
aspek yang benar
|
||
2
|
Cara menggaris spidol/pensil pada
kertas tisu
|
3
|
ü Menggaris tisu
dengan menggunakan spiodol/pensil
ü Hasilnya tidak
robek
ü Garisnya jelas
|
2
|
ü Ada dua aspek yang
benar
|
||
1
|
ü Hanya satu
aspek yang benar
|
||
3
|
Cara memasukan kertas tisu ke dalam
gelas
|
3
|
ü Memasukan tisu
ke dalam gelas dengan benar
ü Kertas tidak
robek
ü Membuka kertas
dengan hati-hati
|
ü Dua aspek yang
benar
|
|||
ü Hanya satu
aspek yang benar
|
c.
LEMBAR KERJA
SISWA
A.
Penyelidikan IPA
Pada kegiatan yang telah kalian
lakukan, hasil pengamatan terhadap temanmu berupa deskripsi yang disusun
tentang temanmu. Misalnya, tinggi, rambut hitam, kulit cokelat dan agak halus,
memiliki denyut, bernapas, dan lain-lain. Dengan hasil pengamatan ini, berbagai
pertanyaan lanjutan akan muncul. Pertanyaan-pertanyaan tersebut, misalnya jika
dia berlari-lari, apakah cara bernapasnya tetap? Apakah denyutnya juga berubah?
Nah, dengan melakukan penyelidikan lanjutan, kalian akan memperoleh pemahaman
yang makin lengkap tentang temanmu tersebut.Penyelidikan ilmiah IPA melibatkan
sejumlah proses yang harus dikuasai, antara lain seperti berikut.
Pengamatan
Melibatkan pancaindra, termasuk melakukan
pengukuran dengan alat ukur yang sesuai. Pengamatan dilakukan untuk
mengumpulkan data dan informasi
Membuat Inferensi
Merumuskan penjelasan berdasarkan pengamatan.
Penjelasan ini digunakan untuk menemukan pola-pola atau hubungan-hubungan
antaraspek yang diamati, serta membuat prediksi.
Mengomunikasikan
Mengomunikasikan hasil penyelidikan baik
lisan maupun tulisan. Hal yang dikomunikasikan termasuk data yang disajikan
dalam bentuk tabel, grafik, bagan, dan gambar yang relevan. Keterampilan
melakukan pengamatan dan mencoba menemukan hubungan-hubungan yang diamati
secara sistematis seperti yang telah kalian lakukan sangatlah penting. Dengan
keterampilan ini, kita dapat mengetahui bagaimana mengumpulkan fakta dan
menghubungkan fakta-fakta untuk membuat suatu penafsiran atau kesimpulan. Keterampilan
ini juga merupakan keterampilan belajar sepanjang hayat yang dapat digunakan
bukan saja untuk mempelajari berbagai macam ilmu, tetapi juga dapat digunakan
dalam kehidupan sehari-hari. Pada saat ini, penyelidikan tentang alam telah
menghasilkan kumpulan pengetahuan yang demikian kompleks. Untuk memudahkan,
pengetahuanpengetahuan tersebut digolongkan sebagai berikut. 1) Fisika,
mempelajari tentang aspek mendasar alam, misalnya materi, energi, gaya, gerak,
panas, cahaya, dan berbagai gejala alam fisik lainnya. 2) Kimia, meliputi
penyelidikan tentang penyusun dan perubahan zat. 3) Biologi, mempelajari
tentang sistem kehidupan mulai dari ukuran renik sampai dengan lingkungan yang
sangat luas. 4) Ilmu Bumi dan Antariksa, mempelajari asal mula bumi, perkembangan
dan keadaan saat ini, bintang-bintang, planet-planet, dan berbagai benda langit
lainnya.
Kegiatan 1
PENGAMATAN TEMAN SEBANGKU
1.
Tujuan
Melalui
pengamatan dengan teman sebangku diharapkan siswa mengetahui ciri-ciri hasil
pengamatannya.
2.
Alat
dan bahan
Alat : Mata
Bahan : teman sebangku
3.
Cara kerja
1.
Buat kesepakatan dengan teman sebangku
siapa yang akan diamati;
2.
Amati temanmu yang siap untuk diamati;
3.
Tuliskan hasil dari hasil pengamatanu !
4.
Bandingkan hasil pengamatanmu dengan
teman yang lain.
5.
Laporkan hasil pengamatannmu !
No
|
Nama
Teman
|
Ciri-ciri
|
Keterangan
|
Kegiatan 2
PENGAMATAN KERTAS TISU
1.
Tujuan
Melalui
pengamatan dengan kertas tisu diharapkan siswa dapat mengetahui
perubahan-perubahan yang terjadi.
2.
Alat
dan bahan
Alat : Glass breaker
Spidol/pensil
Gunting
Bahan : Tisu dan air
3.
Cara kerja
1.
Potong kertas tisu dengan ukuran 4 x 12
cm
2.
Beri garis dengan spidol atau pena
hitam 2 cm dari ujung kertas tisu tsb;
3.
Ambil breaker glass atau gelas bekas
air mineral, isi dengan air setinggi 1 cm;
4.
Amatilah dan prediksi apa yang akan
terjadi dengan garis hitam tersebut !
5.
Celupkan kertas tisu pad air, dengan
posisi garis berada sedikit di atas permukaan air !
6.
Laporkan hasil pengamatannmu !
No
|
Uraian
|
Keterangan
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar