Senin, 13 Juni 2022

Keterampilan Mengklasifikasikan

 Keterampilan Mengklasifikasikan

Keterampilan mengklasifikasikan merupakan salah satu dari keterampilan proses dalam pembelajaran IPA, keterampilan proses itu sendiri menurut Trianto (2013) adalah keseluruhan keterampilan ilmiah yang terarah (baik kognitif maupun psikomotor) yang dapat digunakan untuk menentukan suatu konsep yang telah ada sebelumnya, ataupun untuk melakukan penyangkalan terhadap suatu penemuan/flasifikasi.

Keterampilan proses menurut Trianto (2013) terbagi menjadi 2 tingkatan yaitu keterampilan proses tingkat dasar (basic science process skill) dan keterampilan proses terpadu (integrated science process skill).  Keterampilan proses tingkat dasar terdiri dari observasi, klasifikasi, komunikasi, pengukuran, prediksi, dan inferensi. Sedangkan keterampilan proses terpadu meliputi menentukan variable, menyusun tabel data, menyusun grafik, memberi hubungan variable, memproses data, menganalisis penyelidikan, menyusun hipotesis, menentukan variable secara operasional, merencanakan penyelidikan, dan melakukan eksperimen.

Menurut Wisudawati (2014) bahwa pendekatan proses dalam pembelajaran IPA dikenal sebagai keterampilan proses IPA, adapun pengertian pendekatan prosesitu sendiri adalah suatu pendekatan pembelajaran yang memberikan kesempatan para peserta didik untuk ikut menghayati proses penemuan atau penyusunan suatu konsep sebagai keterampilan proses.

Kemampuan dalam mengklasifikasikan sangatlah dibutuhkan dalam pembelajaran IPA terutama Biologi. Pengertian dari mengklasifikasi menurut Trianto (2013) adalah pengelompokkan objek-objek menurut sifat-sifat tertentu. Beberapa perilaku siswanya antara lain :

a.       Pengidentifikasian suatu sifat umum;

b.      Memilah-milahkan dengan menggunakan dua sifat atau lebih.

Menurut Vestari (2017) klassifikasi adalah proses yang digunaan ilmuwan untuk mengadakan penyusunan atau pengelompokkan atas objek-objek atau kejadian-kejadian. Keterampilan dapat dikuasai bila peserta didik telah dapat melakukan dua keterampilan berikut ini:

a.       Mengidentifikasi dan memberi nama sifat-sifat yang dapat diamati dari sekelompok objek yang dapat digunakan sebagai dasar untuk mengklasifikasi.

b.      Menyusun klasifikasi dalam tingkat-tingkat tertentu sesuai dengan sifat-sifat objek. Klasifikasi berguna untuk melatih peserta didik menunjukkan kesamaan perbedaan perbedaan dan hubungan timbal balik.

Adapun indikator pengklasifikasian menurut Widayanti (2016) terdiri dari 5 indikator yaitu :

a.       Mencari perbedaan;

b.      Mencari kesamaan;

c.       Membandingkan;

d.      Mengontraskan;

e.       Mencari dasar penggolongan

Pada penelitian ini pengumpulan data keterampilan siswa mengklasifikasikan dengan menggunakan rubrik keterampilan siswa mengklasifikasikan hewan, guru mengamati tiap kelompok yang sedang melakukan pengklasifikasian hewan dengan menggunakan media lingkaran kunci identifikasi, setiap imdikator keterampilan mengklasifikasikan hewan memiliki nilai maksimal sebesar 3 poin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terupdate

Tes Pemahaman Sel

Kelas 8 F sd. Kelas 8 I silahkan menjawab pertanyaan kuis tentang sel : Ada 3 piliha kuis silahkan klik yang mana saja, hasilnya tolong dicr...

Populer