Selasa, 04 November 2014

RPP IPA Kelas 7 Kurikulum 2013 (Pertemuan ke-4)



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan                                  : Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Kuningan
Mata Pelajaran                                       : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/Semester                                    : 7 (Tujuh) / 1 (satu)
Topik                                                    : Objek IPA dan Pengamatannya
Sub Topik                                              : Besaran Turunan (Pertemuan ke-4)
Alokasi Waktu                                        : 2 x 40 menit (2 Jam Pelajaran)

A.       KOMPETENSI DASAR
1.1.      Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya
2.1.     Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari
3.1.    Memahami konsep pengukuran berbagai besaran yang ada pada diri, makhluk hidup, dan lingkungan fisik sekitar sebagai bagian dari observasi, serta pentingnya perumusan satuan terstandar (baku) dalam pengukuran.
4.1.    Menyajikan hasil pengukuran terhadap besaran-besaran pada diri, makhluk hidup, dan lingkungan fisik dengan menggunakan satuan tak baku dan satuan baku.

B.       Indikator :
1.         Menjelaskan pengertian besaran turunan;
2.        Menyebutkan 3 besaran turunan beserta satuannya;
3.        Melakukan pengukuran turunan yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari;

C.       Tujuan :
1.         Melalui diskusi siswa diharapkan dapat mengetahui pengertian besaran turunan;
2.        Melalui diskusi siswa diharapkan dapat menyebutkan 3 besaran turunan beserta satuannya;
3.        Melalui eksperimen siswa dapat melakukan pengukuran besaran turunan yang sering dijumpai dalam kehidupan  sehari-hari;


D.       Materi
3.     Besaran Turunan
Besaran-besaran yang dapat diukur selain 7 (tujuh) besaran pokok pada Tabel 1.2, tergolong sebagai besaran turunan. Misalnya, luas ruang kelasmu. Jika ruang kelasmu berbentuk persegi, maka luasnya merupakan hasil perkalian panjang dengan lebar. Perhatikan, bahwa panjang dan lebar merupakan besaran pokok panjang. Dalam SI, panjang diukur dengan satuan meter. Maka, luas dalam SI memiliki satuan m2. Coba diskusikan beberapa besaran turunan sebagai contoh tambahan! Besaran turunan yang lain akan dipelajari pada bab-bab selanjutnya.
a.         Luas
Untuk benda yang berbentuk persegi, luas benda dapat ditentukan dengan mengalikan hasil pengukuran panjang dengan lebarnya. Bagaimanakah cara mengukur luas benda yang berbentuk tidak teratur, misalnya luas sehelai daun? Lakukan kegiatan berikut.
b.         Volume
Misalnya, kalian punya dua wadah, yakni kaleng besar dan kaleng kecil. Jika dipergunakan untuk menampung air, kaleng besar pasti dapat menampung air lebih banyak. Hal tersebut terkait dengan besarnya ruangan yang terisi oleh materi, biasanya disebut volume. Suatu benda jika volumenya lebih besar, dapat menampung materi lebih banyak dibandingkan benda lain yang volumenya lebih kecil. Volume merupakan besaran turunan yang disusun dari besaran pokok panjang. Volume benda padat yang bentuknya teratur, contohnya balok, dapat ditentukan dengan mengukur terlebih dulu panjang, lebar, dan tingginya, kemudian mengalikannya. Jika kalian mengukur panjang, lebar, dan tinggi balok menggunakan satuan sentimeter (cm), maka volume balok yang diperoleh dalam satuan sentimeter kubik (cm3). Jika, panjang, lebar, dan tinggi diukur dalam satuan meter (m), maka volume yang diperoleh bersatuan meter kubik (m3). Bagaimana cara menentukan volume suatu zat cair? Zat cair tidak memiliki bentuk yang tetap. Bentuk zat cair selalu mengikuti bentuk wadahnya. Oleh karena  itu, jika zat cair dituangkan ke dalam gelas ukur, seperti ditunjukkan Gambar 1.24, ruang gelas ukur yang terisi zat cair sama dengan volume zat cair tersebut. Volume zat cair dapat dibaca pada skala sesuai ketinggian permukaan zat cair di dalam gelas ukur tersebut. Seperti yang kalian lihat pada Gambar 1.23, hasil pembacaan volume air dengan gelas ukur di atas memiliki satuan mL, kependekan dari mililiter. Dalam kehidupan sehari-hari, volume zat cair biasanya dinyatakan dalam satuan mililiter  (mL) atau liter (L). 1 L = 1 dm3 1 L = 1.000 mL 1 mL = 1 cm3» 1 g = 1.000 mg
c.    Konsentrasi Larutan
Misalnya, kalian membuat sirop dengan memasukkan gula ke dalam air. Kemudian, dicicipi. Jika kurang manis, kalian dapat menambahkan gula lagi. Makin banyak gula yang ditambahkan, makin manis rasa larutan itu. Selain rasa manis yang bersifat kualitatif (hasil indra pengecap), adakah besaran yang dapat digunakan untuk menggambarkan banyaknya gula dan air di dalam larutan tersebut? Salah satu besaran yang dapat digunakan adalah konsentrasi larutan (K) . Ada banyak cara untuk merumuskan konsentrasi larutan. Pada contoh larutan tadi, konsentrasi dapat dirumuskan sebagai massa gula (zat terlarut) dibagi dengan volume air (zat pelarut), yaitu

K =

d.    Laju Pertumbuhan
Besaran panjang dan waktu dapat digunakan untuk menentukan pertumbuhan tanaman. Misalkan, kalian menanam jagung. Pada pengukuran awal, diperoleh tinggi tanamanmu 20 cm. Dalam waktu 10 hari, tingginya menjadi 60 cm. Kalian dapat menentukan berapa pertambahan tinggi jagung tiap harinya, yakni

Laju Pertumbuhan  =    =  = 4 cm/hari

 (d)(c)
E.      PENDEKATAN/STRATEGI/METODE PEMBELAJARAN
1. Pendekatan                 : Scientific
2. Metode                       : Diskusi, ceramah  dan Eksperimen
3. Model                         : Discovery Learning

F.      MEDIA, ALAT, DAN SUMBER PEMBELAJARAN
1.     Media
Laptop, LCD,
         2.   Alat dan bahan
                Alat :  Kertas millimeter blok, penjepit, pensil
                Bahan : Daun
2.   Sumber Belajar
a) Buku IPA SMP kelas VII, Puskurbuk 2013
b) LKS  Pengukuran luas daun
c) Internet

G.             Kegiatan Pembelajaran
                Pertemuan keempat ( 2 JP )
Kegiatan
Langkah-langkah Model Discovery
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
Menciptakan Situasi (stimulasi)
Pemusatan Perhatian :
·         Guru memberikan pertanyaan : “ Apa yang bapak pegang ini ? Apa yang bisa diukur dari kertas ini ? Selanjutnya setelah diketahui ada panjang dan lebar akan diketahui lagi ?
·          Menyampaikan tujuan dan manfaat mempelajari Besaran turunan .

10 Menit
Kegiatan  Inti
Pembahasan tugas dan identifikasi masalah
Ø  Menyampaikan informasi tentang kegiatan yang akan dilakukan yaitu Besaran turunan
Ø  Membagi siswa berkelompok @ 4 orang.

50 menit





Kegiatan
Langkah-langkah Model Discovery
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu

Observasi
Ø  Diskusi antar kelompok untuk mengerjakan LKS, melengkapi table yang diisi sesuai dengan hasil penghitungan luas daun; .



Ø  Siswa melakukan penghitungan luas daun



Ø  Siswa berdiskusi tentang besaran turunan


Pengumpulan data
Ø  Siswa mencatat hasil penghitungan luas daun dengan teman kelompok



Ø  Siswa menjelaskan pengertian besaran turunan dan menyebutkan contohnya.


Pengolahan data dan analisis
Ø  Siswa mengolah data dan menganalisis hasil diskusi


Verifikasi
Ø  Siswa mempresentasikan hasil diskusinya.


Generalisasi
Ø  Membuat kesimpulan tentang besaran turunan



Penutup
Ø  Siswa dan guru mereview hasil kegiatan pembelajaran
Ø  Guru memberikan penghargaan kepada siswa /kelompok yang melakukan pekerjaan dengan baik.
Ø  Siswa menjawab kuis/tes tentang besaran turunan



H.  Penilaian
1. Metode dan bentuk penilaian
Metode
Bentuk instrument
ü  Sikap
v  Lembar pengamatan Sikap dan rubric
ü  Tes unjukkerja
v  Tes penilaian kinerja pengamatan air dan tisu
ü  Tes tertulis
v  Tes Pilihan Essay

I.                     Essay
1.            Apakah yang dimaksud dengan besaran turunan?
2.          Mengapa volume termasuk besaran turunan?
3.          Jika ibumu melarutkan 5 gram garam dapur ke dalam 250 mL air, berapakah konsentrasi larutan garam yang terjadi, dalam satuan g/L?
4.          Anita menanam kacang hijau dalam pot. Pada awal pengukuran, tinggi kecambah dari permukaan tanah 2 cm. Selang 5 hari kemudian, ternyata tinggi kecambah menjadi 8 cm. Berapakah laju pertumbuhannya?
I.            Rubrik Penilaian Uraian
No
Uraian
Skor
1
Jika jawaban benar
2
2
Jika jawaban benar
2
3
Jika jawaban benar
3
4
Jika jawaban benar
3

Total
10

J.       Lembar Pengamatan Sikap
1.         Pengamatan Perilaku ilmiah
No.
Aspek yang dinilai
3
2
1
Ket
1
Rasa ingin tahu




2
Ketelitian dan kehati-hatian dalam melakukan percobaan




3
Ketekunan dan tanggung jawab dalam belajar dan bekerja baik secara individu maupun berkelompok




4
Keterampilan berkomunikasi pada saat belajar





2.        Rubrik Penilaian Perilaku
No
Aspek yang dinilai
Rubrik
1
Menunjukkan rasa ingn tahu
3:   menunjukkan rasa ingin tahu yang besar, antusias ,aktif dalamkegiatan berkelompok
2: Menunjukkan rasa ingin tahu,namun tidak terlalu antusias , dan baru terlibat aktif dalam kegiatan kelompok ketika disuruh
1: tidakmenunjukkan antusias dalam pengamatan, sulit terlibat aktif dalam kegiatan kelompok walaupun telah didorong untuk terlibat
2
Ketelitian dan hati-hati
3:  mengamati percobaan sesuai dengan prosedur,hati-hati dalammelakukan percobaan
2:  mengamati percobaan sesuai dengan prosedur, kurang hati-hati dalammelakukan percobaan
1: mengamati percobaan sesuai dengan prosedur, tidak hati-hati dalammelakukan percobaan
3
Ketekunan dan tanggung jawab dalam belajar dan bekerja baik secara individu maupun kelompok
3:  mengamati hasil percobaan sesuai prosedur, hati-hati dalam melakukan percobaan
2:  mengamati hasil percobaan sesuai prosedur, kurang hati-hati dalam melakukan percobaan
1:  mengamati hasil percobaan sesuai prosedur, kurang hati-hati dalam melakukan percobaan

4
Berkomunikasi

3.  aktif dalam tanya jawab, dapat mengemukaan gagasan atau ide, menghargai pendapat siswa lain
2. aktif dalam tanya jawab, tidak ikut mengemukaan gagasan atau ide, menghargai pendapat siswa lain
1. aktif dalam tanya jawab, tidak ikut mengemukaan gagasan atau ide, kurang menghargai pendapat siswa lain


K.       LEMBAR KERJA SISWA
3.  Besaran Turunan
Besaran-besaran yang dapat diukur selain 7 (tujuh) besaran pokok pada Tabel 1.2, tergolong sebagai besaran turunan. Misalnya, luas ruang kelasmu. Jika ruang kelasmu berbentuk persegi, maka luasnya merupakan hasil perkalian panjang dengan lebar. Perhatikan, bahwa panjang dan lebar merupakan besaran pokok panjang. Dalam SI, panjang diukur dengan satuan meter. Maka, luas dalam SI memiliki satuan m2. Coba diskusikan beberapa besaran turunan sebagai contoh tambahan! Besaran turunan yang lain akan dipelajari pada bab-bab selanjutnya.
c.         Luas
Untuk benda yang berbentuk persegi, luas benda dapat ditentukan dengan mengalikan hasil pengukuran panjang dengan lebarnya. Bagaimanakah cara mengukur luas benda yang berbentuk tidak teratur, misalnya luas sehelai daun? Lakukan kegiatan berikut.
d.         Volume
Misalnya, kalian punya dua wadah, yakni kaleng besar dan kaleng kecil. Jika dipergunakan untuk menampung air, kaleng besar pasti dapat menampung air lebih banyak. Hal tersebut terkait dengan besarnya ruangan yang terisi oleh materi, biasanya disebut volume. Suatu benda jika volumenya lebih besar, dapat menampung materi lebih banyak dibandingkan benda lain yang volumenya lebih kecil. Volume merupakan besaran turunan yang disusun dari besaran pokok panjang. Volume benda padat yang bentuknya teratur, contohnya balok, dapat ditentukan dengan mengukur terlebih dulu panjang, lebar, dan tingginya, kemudian mengalikannya. Jika kalian mengukur panjang, lebar, dan tinggi balok menggunakan satuan sentimeter (cm), maka volume balok yang diperoleh dalam satuan sentimeter kubik (cm3). Jika, panjang, lebar, dan tinggi diukur dalam satuan meter (m), maka volume yang diperoleh bersatuan meter kubik (m3). Bagaimana cara menentukan volume suatu zat cair? Zat cair tidak memiliki bentuk yang tetap. Bentuk zat cair selalu mengikuti bentuk wadahnya. Oleh karena  itu, jika zat cair dituangkan ke dalam gelas ukur, seperti ditunjukkan Gambar 1.24, ruang gelas ukur yang terisi zat cair sama dengan volume zat cair tersebut. Volume zat cair dapat dibaca pada skala sesuai ketinggian permukaan zat cair di dalam gelas ukur tersebut. Seperti yang kalian lihat pada Gambar 1.23, hasil pembacaan volume air dengan gelas ukur di atas memiliki satuan mL, kependekan dari mililiter. Dalam kehidupan sehari-hari, volume zat cair biasanya dinyatakan dalam satuan mililiter  (mL) atau liter (L). 1 L = 1 dm3 1 L = 1.000 mL 1 mL = 1 cm3» 1 g = 1.000 mg
c.    Konsentrasi Larutan
Misalnya, kalian membuat sirop dengan memasukkan gula ke dalam air. Kemudian, dicicipi. Jika kurang manis, kalian dapat menambahkan gula lagi. Makin banyak gula yang ditambahkan, makin manis rasa larutan itu. Selain rasa manis yang bersifat kualitatif (hasil indra pengecap), adakah besaran yang dapat digunakan untuk menggambarkan banyaknya gula dan air di dalam larutan tersebut? Salah satu besaran yang dapat digunakan adalah konsentrasi larutan (K) . Ada banyak cara untuk merumuskan konsentrasi larutan. Pada contoh larutan tadi, konsentrasi dapat dirumuskan sebagai massa gula (zat terlarut) dibagi dengan volume air (zat pelarut), yaitu

K =

d.    Laju Pertumbuhan
Besaran panjang dan waktu dapat digunakan untuk menentukan pertumbuhan tanaman. Misalkan, kalian menanam jagung. Pada pengukuran awal, diperoleh tinggi tanamanmu 20 cm. Dalam waktu 10 hari, tingginya menjadi 60 cm. Kalian dapat menentukan berapa pertambahan tinggi jagung tiap harinya, yakni

Laju Pertumbuhan  =    =  = 4 cm/hari







Kegiatan 1
MENGHITUNG LUAS DAUN

1.         Tujuan
Melalui kegiatan mengkur diharapkan siswa mampu menggunakan alat ukur dengan tepat, dan teliti.
2.        Alat dan bahan
Alat :   Penjepit, kertas millimeter blok,
Bahan : Daun daunan.
3.        Cara kerja
1.         Kelompok menghitung luas daun pada kertas millimeter blok sesuai dengan jenis daun yang tersedia ;
2.        Catat hasilnya dalam table yang telah disediakan di bawah ini !;
3.        Laporkan hasil pengamatannmu !
4.        Bagaimana hasilnya dengan kelompok lain apakah ada perbedaan dalam cara menghitung luas daun, catat dan buat laporannya  apabila ada perbedaan !


No
Bahan Daun
Hasil Penghitungan























1 komentar:

Terupdate

Tes Pemahaman Sel

Kelas 8 F sd. Kelas 8 I silahkan menjawab pertanyaan kuis tentang sel : Ada 3 piliha kuis silahkan klik yang mana saja, hasilnya tolong dicr...

Populer